Virtualisasi (Pendidikan)

Berkembangnya tehnologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik, melihat lagi peranannya sebagai sarana penyampaian Informasi sampai sumber ilmu pengetahuan.

Beberapa waktu yang lalu penulis mengenal E-learning atau Electronic Learning dimana suatu pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik dalam kegiatan pembelajaran. tidak hanya media elektronik saja dalam sistem pembelajaran ini pun , internet juga digunakan sebagai infrastruktur utama yang sangat mendukung.
proses belajar mengajar ini bisa dibilang mem-Virtualisasikan proses belajar mengajar secara konvensional, pembelajaran yang tadinya dilakukan secara tatap muka antara guru dan para siswanya, dimana guru berperan lebih sebagai sumber ilmu pengetahuan.

E-Learning dapat dikatakan juga suatu  pembelajaran secara digital, sebagai sumber informasi yang dapat diakses dengan cepat tidak terbatas ruang dan waktu. dalam bentuknya sebagai  media belajar mengajar, tidak hanya konten atau materi-materi yang disajikan secara Text-based Content (konten yang berbentuk teks seperti buku-buku pada umumnya) dan Multimedia-based Content (konten yang berbentuk multimedia interaktif) saja, kita juga dapat mengakses informasi yang masih berkenaan dengan proses belajar mengajar itu sendiri, seperti Forum Diskusi, Sistem Penilaian,Krs Online, Ujian Online sampai mengerjakan dan mengirim tugas-tugas, sudah pasti ini adalah peningkatan kualitas, efisiensi, dan memenuhi tuntutan jaman dalam dunia pendidikan.

Menciptakan lingkungan pendidikan yang berbasis Tehnologi Informasi setidaknya juga harus memenuhi fasilitas-fasilitas yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar semaksimal mungkin. sehingga kendala dalam penguasaan perangkat-perangkatnya itu sendiri pun dapat diatasi. dengan begitu akan tercipta pola belajar mengajar yang nyaman dan berkualitas.













Previous
Next Post »